THE PUBLIC RELATIONS 2008 OF AKINDO

this blog is made for _freshman of PR Akindo 2008_who wanna access the materials and the informations from our campus, and the informations will be updated once a week for you...

Minggu, November 16, 2008

AZAS-AZAS MANAJEMEN (seluruh catatan)

Manajemen : Ilmu yang mempelajari bagaimana suatu orgnasisasi mengatur sumberdaya yang dimiliki agar tujuan dapat tercapai secara efisien & efektif.

Oeganisasi : Sekelompok orang yang memiliki tujuan yang sama. Dibedakan jadi dua yaitu: organisasi formal (berbadan hokum) dan organisasi informal (tidak berbadan hukum).

Efisien : Perbandingan output dan input yang positif.

E.g.

Perusahaan 1 mengeluarkan biaya sebesar 1000 dan outputnya 1500, sedangkan perusahaan 2 mangeluarkan biaya 2000 dan outputnya 5000. Perusahaan manakah yang lebih efisien?

Perusahaan 1 : output/input x 100%

: 1500/1000 x 100% = 1,5 %

Artinya bahwa jika mengeluarkan modal 1 maka akan kembali 1x1,5

Perusahaan 2 : output/input x 100%

: 5000/2000 x 100% = 2,5 %

Artinya bahwa jika mengeluarkan modal 1 maka akan kembali 1x2,5

Jadi perusahaan yang paling efektif adalah perusahaan 2.

Efektif : sesuai aturan/ tepat guna/ melaksanakan kegiatan sesuai rencana.

Tujuan : sesuatu yang ingin dicapai dimasa depan.

Fungsi Manajemen:

  1. Penyiapan (planning) : kegiatan yang dilakukan suatu organisasi untuk mempersiapkan kegiatan (business core) dengan mengingat sumberdaya yang dimiliki.

  2. Pengorganisasian : pengelompokan sesuai dengan tujuan

  3. Penyususnan personalia : the right man the right place

  4. Pengarahan : memberikan petunjuk teknis

  5. Pengawasan : membandingkan pelaksanaan dan perencanaan.

LINGKUNGAN EKSTERNAL

Yaitu lingkungan di luar organisasi yang mempengaruhi proses kegiatan dalam organisasi tersebut, dibedakan menjadi dua: Lingkungan Eksternal Mikro, dan Lingkungan Eksternal Makro.

  1. Llingkungan Eksternal Mikro, yaitu lingkungan dari luar organisasi yang berpengaruh secara langsung kepada organisas.

  1. Supplier : mempengaruhi produk, harga, dan kualitas

  2. Lembaga keuangan : mempengaruhi bunga

  3. Pemerintah : mempengaruhi, peraturan dan undang-undang

  4. Bursa tenaga kerja : mempengaruhi penawaran (demand) dan permintaan (supply) tenaga kerja.

  5. Pelanggan : suatu organisasi dalam kaitannya penetapan strategi harga harus melihat sifat profil pelanggan dari produk yang dihasilkan.

  1. Lingkungan Eksternal Makro, yaitu lingkungan dari luar organisasi yang idak berpengaruh secara langsung kepada organisasi.

  1. Teknologi : perkembangannya akan berpengaruh pada proses produksi/manajemen.

  2. Ekonomi : berpengaruh terhadap inflasi atau deflasi.

  3. Politik : berpengaruh pada keamanan dan stabilitas Negara.

  4. Social : keadaan social masyrakat atau isu yang berkembang dimasyarakat dapat mempengaruhi system produksi dan manajemen.

  5. Dimensi Internasional : keadaan internasional yang bersifat global akan berpengaruh secara tidak langsung kepada keadaan organisasi (harga minyak bumi, dll)

Upah : balas jasa yang besarnya sesuai pekerjaan.

Gaji : balas jasa yang besarnya tetap setiap bulan.

Minggu ketiga:

PENGORGANISASIAN

Aspek pengorganisasian (akan menimbulkan struktur organisasi)”

  1. Pembagian kerja

Perincian tugas/kegiatan individu agar masing-masing individu mempunyai tanggungjwab sesuai dengan deskripsi jabatan masing-masing.

  1. Departemenatisasi

Pengelompokan kegiatan yang sejenis ato saling berhubungan untuk dikerjakan bersama-sama agar tercapai efisiensi.

Depertementanisasi

  1. Menurut Fungsinya:

e.g.

a. personalia

b. keuangan

c. pemasaran

d. produksi

  1. Menurut Produk

e.g.

perusahaan elektronik membagi beberapa departemen seperti:

a. kulkas

b. televisi

c. radio

  1. Menurut Wilayah

e.g.

a. Indonesia barat

b. Indonesia tengah

c. Indonesia timur

  1. Menurut Pelayanan

e.g.

perusahaan salon membagi beberapa departemen menjadi:

  1. Pelayanan edisi lux

  2. Pelayanan edisi biasa

  1. Menurut Numerical

e.g.

perusahaan listrik membagi beberapa departemen menjadi:

  1. Pembayaran 0-1000 membayar di BRI

  2. Pembayaran 1001-5000 membayar di BPD

  3. Pembayaran 5001-10000 membayar di BNI

  1. Menurut dep.yang dilayani

e.g.

Sebuah CV membagi bebepara departemen menjaadi:

  1. Hotel

  2. Motel

  1. Menurut matrix/klasifikasi tertentu dari organisasi

e.g.

Sebuah perusahaan kontraktor membagi beberapa departemen menjadi

  1. Jalan

  2. Jembatan

  3. Perumahan

BENTUK STRUKTUR ORGANISASI

  1. PIRAMID

  1. HORISONTAL

Seperti halnya vertikal namun berbentuk horizontal

  1. VERTIKAL

  1. MATRIK/LINGKARAN

Minggu keempat:

Wewenang: hak yang dimiliki seseorang untuk meminta orang lain untuk melakukan sesuatu kegitan untuk mencapai tujuan organsasi.

Wewnang dibagi menjadi:

  1. Wewenang langsung : timbul karena posisi/jabatan seseorang

  2. Wewenang tidak langsung: timbul pengakuan orang lain (charisma/tanpa struktur organisasi)

Kekuasaan adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mempengaruhi orang lain melukukan kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi.

Kekuasaan dibagi menjadi:

  1. Kekuasaan formal: timbul karena posisi/jabatan seseorang.

  2. Kekuasaan paksaan

  3. Kekuasaan keahlian: timbul karena memiliki keahlian pada suatu bidang

  4. Kekuasaan penganali informasi: timbul karena kemampuan menjgendalikan informasi

  5. Kekuasaan balas jasa: timbul karena factor ekonomi

Koordinasi adalah proses integrasi antara pembagian tugas dan departemenisasi agar tercapai tujuan organisasi. Fungsi manajemen terbatas karena adanya SoC (Spain of Control) atau rentan kendali yaitu batasan hubungan manajemen dengan karyawannya.

R= Jumlah Spain of control

n= jumlah bawahan

tanggungjawab adalah kewajiban yang timbul karena pelimpahan wewenang dari atasan kepada bawahan.


1 komentar:

goresan pena mengatakan...

fotonya ditambah bro...