THE PUBLIC RELATIONS 2008 OF AKINDO

this blog is made for _freshman of PR Akindo 2008_who wanna access the materials and the informations from our campus, and the informations will be updated once a week for you...

Jumat, September 19, 2008

Pendidikan Pancasila, Dosen: Saryani (Bu Yani)

Perbedaan Penataran P4 dan Pendidikan Pencasila adalah, jika Penataran P4 materinya berupa bagaimana berperilaku sesuai Pancasila, sedangkan Pendidikan Pancasila mempelajari Pancasila ke arah yang lebih ilmiah. Dapat dikatakan ilmiah apabila memiliki 4 syarat, yaitu: memiliki objek, memiliki metode, sistematis, dan universal.
1.Objek, yaitu pokok bahasan. Dalam Pancasila pokok bahasannya dibagi menjadi dua, yaitu objek material (Bahan mentahnya seperti adat, kebuadayaan, dan religi) dan objek formal (Sudut pandang Pancasila, seperti Ekonomi Pancasila, Komunikasi Pancasila).
2.Metode, yaitu cara mendapat kebenaran yang obyektif, metode yang digunakan dalam Pancasila adalah Analityco Sintesa.
3.Sistematis, yaitu kesatuan yang bulat dan mudah, dalam Pancasila adalah sila 1 s/d sila 5 yang merupakan satu kesatuan dan tidak dapat dipisahkan.
4.Universal yaitu tidak terbatas ruang dan waktu. Dalam Pancasila memiliki 5 hakekat yang universal yaitu ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan.

Tidak ada komentar: