THE PUBLIC RELATIONS 2008 OF AKINDO

this blog is made for _freshman of PR Akindo 2008_who wanna access the materials and the informations from our campus, and the informations will be updated once a week for you...

Minggu, November 16, 2008

Dasar-Dasar Jurnalistik (seluruh catatan)

Dosen : Ahmad Muthaha


Membuat sebuah cerita tentang diri kita dan keluarga secara sempit dapat dikatakan juga sebagai karya jurnalistik. Namun secara umum itu tidak dapat dikatakan sebagai karya jurnalistik, karena ada bebrapa hal yang harus ada dalam karya jurnalistik, antara lain: fakta, etika, bahasa, formalitas, durasi, dll. Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan gambar berikut:

Unsur-unsur Jurnalistik:

  1. Kegiatan mengolah informasi

  2. Di lingkungan media massa (cetak/elektronik)

  3. Khalayak/public sebanyak-banyaknya

  4. Dalam waktu sesingkat-singkatnya

Teori piramida terbalik

Yaitu satu teori yang digunakan untuk membuat straight news/hard news. Toeri ini menempatkan hal terpenting di bagian paling atas (judul dan lead) dan semakin turun semakin mengerucut dan tidak terlalu penting. Dengan begitu akan memudahkan editor untuk mengedit/memotong berita jika kehabisan space, yaitu dengan memotong bagian dari belakang yang tidak terlalu penting. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar.2.
perbedaan antara straight news dan soft news terletak pada penting atau tidaknya suatu berita. Jika straight news, yang didahulukan adalah news value-nya, penting atau tidak berita itu(berita utama di KR), namun jika soft news yang didahulukan adalah menarik atau tidaknya berita tersebut(feature).




1 komentar: